Monday, July 5, 2021

Agama kita terlahir

Volume 3: Ceramah dari Colombo ke Almora:


AGAMA KITA TERLAHIR

Download

Pada pertemuan terbuka yang diadakan di Dacca, pada tanggal 31 Maret 1901, Swamiji berbicara dalam bahasa Inggris selama dua jam tentang pokok bahasan di atas di hadapan banyak orang. Berikut ini terjemahan ceramah dari laporan seorang murid dalam bahasa Bengali:


Di masa lalu yang jauh, negara kita membuat kemajuan besar dalam ide-ide spiritual. Mari kita, hari ini, membawa ke mata pikiran kita sejarah kuno itu. Tetapi satu bahaya besar dalam bermeditasi tentang kebesaran masa lampau adalah kita berhenti mengerahkan diri untuk hal-hal baru, dan puas diri dengan menanamkan kemuliaan leluhur yang telah berlalu itu dan membanggakan diri atas hal itu. Kita harus waspada terhadap itu. Di zaman kuno, tidak diragukan lagi, banyak Resi dan Maharshi yang berhadapan langsung dengan Kebenaran. Tetapi jika mengingat kembali kebesaran kuno kita ini benar-benar bermanfaat, kita juga harus menjadi Resi seperti mereka. Ya, tidak hanya itu, tetapi ini keyakinan teguh saya bahwa kita akan menjadi Resi lebih besar daripada yang disajikan oleh sejarah kita kepada kita. Di masa lalu, pertanda adalah pencapaian kita — saya mengaguminya, dan saya merasa bangga memikirkannya. Saya bahkan tidak putus asa melihat kemerosotan saat ini, dan saya penuh harapan membayangkan di benak saya yang akan datang di masa depan. Mengapa? Karena saya tahu benih mengalami perubahan total, ya, benih sebagai benih tampak hancur sebelum berkembang menjadi pohon. Dengan cara sama, di tengah kemerosotan kita saat ini terletak, yang hanya tertidur sementara waktu, potensi kebesaran agama kita di masa depan, siap muncul kembali, mungkin lebih perkasa dan mulia dari sebelumnya.

 ...... [Selengkapnya]


No comments:

Post a Comment