Monday, July 5, 2021

Apa yang telah kupelajari?

Volume 3: Ceramah dari Colombo ke Almora:


APA YANG TELAH KUPELAJARI?
(Disampaikan di Dacca, 30 Maret 1901)

Download

Di Dacca Swamiji menyampaikan dua ceramah dalam bahasa Inggris. Yang pertama adalah "Apa yang telah kupelajari?" dan yang kedua adalah "Agama kita terlahir". Berikut ini terjemahan laporan dalam bahasa Bengali oleh seorang murid, dan di dalamnya terdapat substansi ceramah pertama:


Pertama, saya harus mengungkapkan kesenangan saya atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk datang ke Benggala Timur memperoleh pengetahuan mendalam tentang bagian negara ini, yang sampai saat ini saya kurangi meski saya telah berkelana melalui banyak negara beradab di Barat, juga. sebagai kepuasan saya saat melihat sungai megah, dataran subur luas, dan desa-desa indah disini, negara saya sendiri di Bengal, yang sebelumnya tidak beruntung saya lihat sendiri. Saya tidak tahu di mana-mana di negara saya Benggala — di darat dan di air — begitu banyak keindahan dan pesona. Tetapi sejauh ini saya mendapatkan setelah melihat berbagai negara di dunia, saya sekarang dapat lebih menghargai keindahan tanah saya sendiri.

 ...... [Selengkapnya]


No comments:

Post a Comment