Tuesday, May 4, 2021

Kesatuan dalam Perbedaan [Bhineka Tunggal Ika]

Volume 2: Jnana-Yoga

BAB IX
KESATUAN DALAM PERBEDAAN 
[BHINEKA TUNGGAL IKA]
(Dikirim di London, 3 November 1896)

Download

Saya tidak mengatakan pandangan Anda salah, Anda dipersilakan untuk itu. Kebaikan dan berkah besar keluar darinya, tetapi karena itu, jangan mengutuk pandangan saya. Milik saya juga praktis dengan caranya sendiri. Mari kita semua mengerjakan rencana kita sendiri. Apakah bagi Tuhan kita semua sama-sama praktis di kedua sisi. Saya telah melihat beberapa ilmuwan sama-sama praktis, baik sebagai ilmuwan maupun sebagai manusia spiritual, dan merupakan harapan besar saya seiring berjalannya waktu seluruh umat manusia akan menjadi efisien dengan cara sama. Ketika ketel air akan mendidih, jika Anda melihat fenomena tersebut, pertama-tama Anda akan menemukan satu gelembung naik, dan kemudian yang lainnya dan seterusnya, sampai akhirnya mereka semua bergabung, dan terjadi keributan luar biasa. Dunia ini sangat mirip. Setiap individu seperti gelembung, dan bangsa-bangsa menyerupai banyak gelembung. Secara bertahap bangsa-bangsa ini bergabung, dan saya yakin harinya akan tiba ketika perpisahan akan lenyap dan Kesatuan yang kita tuju akan terwujud. Suatu waktu harus tiba ketika setiap orang akan menjadi sangat praktis di dunia ilmiah seperti di dunia spiritual, dan kemudian Kesatuan itu, harmoni Kesatuan, akan meliputi seluruh dunia. Seluruh umat manusia akan menjadi Jivanmuktas - bebas selama hidup. Kita semua berjuang menuju tujuan itu melalui kecemburuan dan kebencian kita, melalui cinta dan kerja sama kita. Arus luar biasa mengalir menuju samudra yang membawa kita semua bersamanya; dan meski seperti sedotan dan sobekan kertas terkadang kita mungkin melayang tanpa tujuan, dalam jangka panjang kita pasti akan bergabung dengan Samudra Kehidupan dan Kebahagiaan. ...... [Selengkapnya]

No comments:

Post a Comment