Friday, May 7, 2021

Vedanta Praktis: Bagian IV

Volume 2: Vedanta Praktis dan ceramah lainnya

VEDANTA PRAKTIS
BAGIAN IV
(Dikirim di London, 18 November 1896)

Download

Kita telah berurusan lebih banyak dengan yang universal sejauh ini. Pagi ini saya akan mencoba menempatkan di hadapan Anda ide-ide Vedantik tentang hubungan yang partikular dengan yang universal. Seperti telah kita lihat, dalam bentuk dualistik doktrin Veda, bentuk sebelumnya, ada jiwa khusus dan terbatas yang didefinisikan dengan jelas untuk setiap makhluk. Ada banyak sekali teori tentang jiwa khusus ini di setiap individu, tetapi diskusi utama adalah antara penganut Vedantisme kuno dan penganut Buddha kuno, yang pertama percaya pada jiwa individu sebagai jiwa utuh, yang terakhir menyangkal keberadaan semacam itu, jiwa individu. Seperti yang saya katakan tempo hari, ini diskusi yang kurang lebih sama yang Anda lakukan di Eropa mengenai substansi dan kualitas, satu set menyatakan di balik kualitas ada sesuatu sebagai substansi, yang kualitas di dalamnya; dan yang lainnya menyangkal keberadaan substansi seperti itu sebagai tidak perlu, karena kualitas dapat hidup dengan sendirinya. Teori jiwa paling kuno, tentu saja, didasarkan pada argumen identitas diri - "Akulah Aku" - bahwa Aku yang kemarin adalah Aku hari ini, dan Aku hari ini adalah Aku di masa depan; terlepas dari semua perubahan yang terjadi pada tubuh, saya masih percaya bahwa saya adalah saya yang sama. Ini tampaknya menjadi argumen utama dengan mereka yang percaya pada jiwa individu yang terbatas, namun sempurna. ...... [Selengkapnya]


Cobalah untuk memikirkan diri Anda sebagai jiwa, sebagai sesuatu yang tidak berwujud. Anda akan merasa hampir tidak mungkin, dan sedikit orang yang mampu melakukannya akan menemukan pada saat mereka menyadari diri mereka sebagai jiwa, mereka tidak memiliki gagasan tentang tubuh. Anda pernah mendengar, atau mungkin pernah melihat, orang-orang yang pada kesempatan tertentu mengalami keadaan pikiran aneh, dibawa oleh meditasi mendalam, hipnotisme diri, histeria, atau obat-obatan. Dari pengalaman mereka, Anda mungkin menyimpulkan ketika mereka memahami sesuatu yang internal, yang eksternal telah lenyap bagi mereka. Ini menunjukkan apapun yang ada adalah satu. Yang satu itu muncul dalam berbagai bentuk ini, dan semua bentuk yang berbeda ini memunculkan hubungan sebab dan akibat. Hubungan sebab dan akibat adalah salah satu evolusi - yang satu menjadi yang lain, dan seterusnya. Kadang penyebabnya lenyap, seolah-olah, dan sebagai gantinya, meninggalkan efek. Jika jiwa adalah penyebab tubuh, maka jiwa seolah-olah lenyap untuk sementara waktu, dan tubuh tetap ada; dan ketika tubuh lenyap, jiwa tetap ada. Teori ini sesuai dengan argumen umat Buddha yang dilontarkan terhadap asumsi dualisme tubuh dan jiwa, dengan menyangkal dualitas, dan menunjukkan substansi dan kualitas adalah satu dan hal sama yang muncul dalam berbagai bentuk. ...... [Selengkapnya]


No comments:

Post a Comment