Thursday, May 6, 2021

Vedanta Praktis: Bagian II

Volume 2: Vedanta Praktis dan ceramah lainnya

VEDANTA PRAKTIS
BAGIAN II
(Disampaikan di London, 12 November 1896)

Download

Saya akan menceritakan kepada Anda sebuah cerita sangat kuno dari Chhândogya Upanishad, yang menceritakan bagaimana pengetahuan datang kepada seorang anak laki-laki. Bentuk ceritanya sangat kasar, tetapi kita akan menemukan itu mengandung prinsip. Seorang anak laki-laki berkata kepada ibunya, "Saya akan mempelajari Veda. Sebutkan nama ayah dan kasta saya." Ibunya bukan wanita yang sudah menikah, dan di India anak wanita yang belum menikah dianggap orang buangan; dia tidak diakui masyarakat dan tidak berhak mempelajari Weda. Maka ibu yang malang itu berkata, "Anakku, aku tidak tahu nama keluargamu; aku bertugas, dan bertugas di tempat berbeda; aku tidak tahu siapa ayahmu, tapi namaku Jabâlâ dan namamu Satyakâma." Anak kecil itu pergi ke seorang bijak dan meminta untuk diangkat sebagai murid. Orang bijak bertanya kepadanya, "Siapa nama ayahmu, dan apa kasta kamu?" Anak laki-laki itu mengulangi kepadanya yang telah dia dengar dari ibunya. Orang bijak itu segera berkata, "Tidak ada kecuali seorang Brâhmana yang bisa mengatakan kebenaran yang begitu merusak tentang dirinya sendiri. Kamu adalah seorang Brahmana dan aku akan mengajarimu. Kamu tidak menyimpang dari kebenaran." Jadi dia membawa anak laki-laki itu bersamanya dan mendidiknya. ...... [Selengkapnya]


No comments:

Post a Comment